5 cara mudah merawat forklift

5 Cara Mudah Merawat Forklift

Berikuti ini kami akan menjelaskan 5 cara mudah merawat forklift.

Forklift adalah salah satu material handing equipment yang digunakan untuk mengangkut dan memindahkan beban berat di lingkungan industri. Seperti halnya setiap mesin, berbagai bagian mekanik forklift cenderung aus dengan penggunaan terus-menerus. Proses keausan ini sangat penting dengan bagian-bagian yang bergerak, sehingga memerlukan kebutuhan untuk merawat forklift dengan benar. Di bawah ini ada beberapa poin untuk membantu Anda merawat forklift Anda sendiri.

5 Cara Mudah Merawat Forklift

1. Pastikan semua bagian yang bergerak dilumasi dengan baik. Sebagian besar sambungan yang bergerak, atau bagian forklift dilumasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah efek gesekan yang berbahaya. Pastikan semua alat kelengkapan ini dilumasi secara teratur, pastikan untuk melepas semua bantalan bola yang aus.

2. Periksa kadar cairan secara teratur. Ada berbagai cairan yang membantu mesin dan bagian-bagian kerja forklift lainnya berjalan dengan efisien. Ini termasuk transmisi dan cairan hidrolik, cairan pendingin, serta oli motor. Periksa cairan-cairan ini secara teratur, meskipun tergantung pada seberapa sering forklift digunakan. Pemeriksaan harian diperlukan jika forklift digunakan setiap hari.

3. Jaga forklift Anda tetap terisi baik electric maupun diesel. Forklift dapat ditenagai oleh baterai, gas propana cair (L.P.), bahan bakar diesel atau bensin. Jika mesin Anda menggunakan baterai, maka pastikan untuk memastikan bahwa baterai selalu terisi penuh. Selain itu, pastikan tangki selalu penuh, jika forklift Anda menggunakan gas atau bahan bakar diesel.

4. Pastikan agar forklift berfungsi dengan baik. Pengukur dan lampu yang ditemukan pada panel instrumen forklift memberikan indikasi ketika beberapa bagian tidak berfungsi. Oleh karena itu, perhatian harus diberikan pada instrumen forklift dan pengukuran yang tepat juga harus dilakukan.

5. Pastikan ban forklift dalam kondisi baik. Dalam proses pemeliharaan forklift, aspek penting lain yang harus diperiksa setiap hari adalah ban. Jika ban menggunakan udara (ban hidup), pastikan tekanan udara yang benar dipertahankan di dalamnya. Jika bannya adalah karet padat (ban mati), pastikan tidak ada bekas luka. Kegagalan pada ban dapat menyebabkan perjalanan yang tidak seimbang, berpotensi menyebabkan kerusakan pada barang yang dibawa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *